Tips Memilih Jurusan yang Tepat di Universitas

Itulah yang sering kali dipusingin sama calon mahasiswa. Bingung mau milih jurusan apa nantinya! Nggak seru aja kan, kalau kamu bingung nentuin jurusan apa yang bakal dipilih terus pada akhirnya kamu hanya ikut-ikutan teman. Kalau itu cocok sih oke-oke aja. Kalau nggak? Bisa jadi kuliah kamu berantakan.

Nah, bagi kamu yang masih bingung dalam memilih jurusan, berikut ini ada tips-tips yang mungkin bisa dicoba nantinya.•    Tanya sana sini. Kamu masih bingung sebenarnya bakat kamu itu apa? Ilmu alam, ilmu sosial, atau seni? Kamu bisa tanya sahabat atau pacar kamu, yang mungkin sudah kenal kamu dengan baik luar-dalam. Kalau misalnya mereka bilang kamu jago menghitung pembukuan waktu pelajaran Akuntansi, bisa jadi, kamu memang punya bakat alami di bidang akuntansi. Langkah selanjutnya, cek nilai-nilai mata pelajaran akuntansi di ujian dan rapor kamu. Kalau memang selalu bagus-bagus, berarti nggak ada salahnya, kan, lebih mendalami lagi “bakat” kamu itu?
•    Flashback. Tips ini bukannya menyuruh kamu memopulerkan urusan sontek-menyontek. Tapi, mungkin cara berikut ini bisa membantu kamu. Coba ingat-ingat, pernah nggak kamu dijadiin “sang master” saat lagi ujian mata pelajaran tertentu? Hampir setengah kelas menjadikan kamu sebagai “kunci jawaban”. Pokoknya, mereka selalu nanya atau minta jawaban sama kamu kalau lagi masanya ujian. Bisa jadi, mereka menganggap kamu jagoan di mata pelajaran tersebut. Nah, kalau ternyata kamu pernah mengalaminya, mata pelajaran itu bisa jadi petunjuk ke mana bakat kamu sebenarnya. Kalau kamu merasa nggak pernah mengalami itu, keep searching….
•    Childhood moments. Sekarang, coba agak mundur jauh ke belakang. Waktu kecil dulu, kamu pernah nggak punya obsesi atau cita-cita yang kamu harap bakal kamu jalani kalau sudah besar? Coba, deh, ingat-ingat! Dulu, kalau waktu bermain bareng teman-teman kecil kamu, biasanya, kamu berperan sebagai siapa? Kalau waktu berdiri di depan kaca, kamu berharap kamu pengin jadi apa begitu besar nanti? Kalau ada Tante atau Om yang bertanya apa cita-citamu, profesi apa yang paling sering kamu jadikan jawaban buat pertanyaan itu?
•    Seriusin hobi. Kamu pasti punya hobi, kan? Mungkin, kamu bisa jadikan hobi kamu itu sebagai motivasi untuk mengambil jurusan yang cocok buat kamu. Kamu hobi memasak? Kalau ya, mungkin, kamu bisa masuk ke Jurusan Perhotelan atau bahkan Jurusan Bisnis supaya bisa jadi pengusaha kuliner. Hobi banget nonton film dan penasaran pengin mengikuti jejak sutradara-sutradara terkenal seperti Steven Spielberg atau Nia Dinata? Mungkin, Jurusan Film bisa jadi salah satu pilihanmu. Kuncinya adalah hobi itu kamu lakukan karena itu memang 100% minat kamu. Kalau sudah ada minat, berarti kamu juga akan menjalaninya dengan happy.

So, pikirin dengan matang deh jurusan yang bakal kamu pilih sebelum kamu memutuskan untuk mengikuti Ujian Mandiri yang diadaka oleh beberapa universitas.

Pembahasan lebih lengkap mengenai seluk-beluk persiapan masuk kuliah ini bisa kamu temukan dalam buku Siap Kuliah karya Stilla Maanesh yang diterbitkan oleh GagasMedia. Buku ini juga membahas tentang peluang beasiswa, bergaul di kampus, ensiklopedi istilah kuliah, cara belajar efektif, hingga direktori kampus idaman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s